BAHASA ARAB ITU TIDAK SULIT

Hari itu adalah hari ketiga mangkal di Ma’had Ar Rayah, Sukabumi Jawa Barat, membersamai para pecinta bahasa Arab dari berbagai daerah di Indonesia. Ma’had yang menempati area seluas 15 hektar ini memiliki beberapa keunikan, yang paling istimewa adalah bahwa seluruh maha santri yang berjumlah 1000 orang itu dapat menguasai bahasa Arab dengan baik, sebuah pemandangan yang jarang ditemukan di tempat lain. Ternyata Bahasa Arab itu tidak sulit.

Sebagai umat Islam, semuanya sepakat bahwa bahasa Arab itu penting, tidak ada satupun yang tidak setuju dengan pernyataan ini. Sebab utamanya adalah karena umat Islam dituntut untuk bisa memahami hakekat Islam yang moderat dengan baik harus digali dari sumber aslinya yaitu al Quran, sementara al Quran tertulis dengan menggunakan bahasa Arab. Maka, menjadi keniscayaan mempelajari dan menguasai bahasa itu. Hal yang sama terjadi pada hadis-hadis nabi, juga merupakan sumber agama Islam dan tertulis dengan menggunakan bahasa Arab.

Baca Juga Slot Gacor Hari Ini

Mungkin sebagian ada yang mengatakan, apakah tidak cukup mempelajari al Quran dan hadis dengan menggunakan terjemahannya? Jawabnya adalah , tidak cukup. Karena terjemahan dari suatu teks tidak bisa dengan sempurna menyampaikan maksud yang dikandung oleh teks tersebut, lebih dari itu subjektifitas pemahaman penerjemah juga mempengaruhi hasil dari sebuah terjemahan. Dengan demikian, tetap saja penguasaan terhadap bahasa Arab mutlak diperlukan.

Di masyarakat Indonesia dan dunia sekaligus, dikesankan bahwa bahasa Arab itu sulit. Sesungguhnya tidak demikian, bahkan yang betul adalah bahwa bahasa Arab itu mudah dan sangat mudah. Informasi bahwa bahasa Arab itu mudah adalah berita langsung yang datangnya dari Allah swt., “Dan sungguh Kami (Allah) telah membuat al Quran mudah untuk diingat  apakah ada (yang berkeinginan) mengingatnya” (al Qamar:22). Ketika Allah swt mengatakan bahwa al Quran itu mudah, maka kemudahan itu terdapat pada segala sesuatu tang terkait dengan al Quran; mudah dihafal, mudah difahami, mudah dipraktekkan dan termasuk bahasanya juga mudah dikuasai. Mustahil al Quran itu mudah difahami apabila bahasanya susah dipelajari.

Persepsi bahwa bahasa Arab itu sulit, sengaja disebarkan oleh orang-orang yang tidak suka dengan indahnya Islam, apabila banyak orang yang belajar Islam dari sumbernya yang asli yaitu al Quran dan hadis yang menggunakan bahasa Arab, maka banyak orang yang akan merasakan nikmatnya hidup dalam naungan Islam. Persepsi itu sengaja dibuat oleh orang-orang yang bodoh agar semua orang lari terbirit-birit dari bahasa Arab, yang tujuan intinya agar mereka menjauh dari al Quran dan Islam. Hidup dibawah naungan al Quran itu adalah kehidupan yang indah dan mulia, tidak dapat dirasakan kecuali orang yang sudah merasakannya. Kunci utama agar dapat merasakannya adalah menguasai bahasa Arab.

Tidak ada kata lain, kecuali kita harus meyakini dan selalu memastikan bahwa bahasa al Quran ini adalah mudah. Haram hukumnya mengatakan bahwa bahasa al Quran itu sulit karena bertentangan dengan firman Allah diatas. Tinggal sekarang yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerhati bahasa Arab adalah bagaimana bisa merealisasikan kemudahan menguasai bahasa al Quran yang sudah ditegaskan oleh sang Pencipta. Para pecinta dan pelayan bahasa Arab harus sungguh-sungguh berusaha menemukan metode atau cara yang termudah untuk menguasainya.

Salah satu upaya yang bisa kami lakukan adalah membekali para guru dan pengajar bahasa Arab dengan sejumlah metode dan strategi yang paling efektif dan inovatif dalam mengajarkan bahasa Arab kepada murid-murid mereka. Terima kasih kepada Ma’had Ar Rayah yang telah menfasilitasi kami bertemu dengan  65 guru dan dosen bahasa Arab dari seluruh Indonesia, selama 5 hari kami akan berteriak sekeras-kerasnya bersama mereka bahwa bahasa Arab itu tidak sulit. Wallahu a’lam.

U.B. Umar

Pelayan Bahasa Arab


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *